Tuesday, May 09, 2006

Sepak Bola


Jika ditanya organisasi apakah yang keanggotaannya yang paling mendunia dan paling banyak negara-negara didunia menjadi anggota organisasi tersebut, mungkin banyak yang menjawab Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), bukan itu melainkan anggota FIFA (Badan sepak bola dunia) lah yang terbanyak di dunia, mengalahkan jumlah anggota PBB!

Sepak bola merupakan panggung pertunjukkan yang menarik, mungkin satu-satunya panggung pertunjukan yang menarik perhatian begitu banyak penonton diseluruh dunia. Pertunjukkan yang sering menimbulkan korban akibat perkelahian antar pendukungnya,mengakibatkan perang antar dua negara yaitu Honduras dan El Salvador, menjadi isyu dalam pemilihan kepala pemerintahan di beberapa negara salah satunya Brazil, dan yang mampu menghentikan perang antara Irak dan Iran pada piala dunia 1986 yang lalu, dan pada tahun 2001 diusulkan oleh politisi Swedia untuk meraih penghargaan Nobel.

Sepak bola dapat memainkan peran penting menciptakan perdamaian dalam arena dunia Global, ketika berhasil mewujudkan saling pengertian antar penontonnya dengan menampilkan pertandingan yang sportif. Tetapi sisi komersil dan intrik politik sering menghalalkan kemenangan dengan segala cara sehingga menciderai sportifitas dalam sepak bola.

Sepak bola menembus sekat negara, dan menjadi budaya dunia. Tidak seperti basket yang menjadi budaya amerika atau Golf yang menjadi budaya orang kaya, sepak bola digemari semua lapisan masyarakat, aturannya sederhana dan melibatkan banyak orang terlibat didalamnya. Minimal ada tiga kelompok : pelatih, pemain dan pendukung. Yang menjadi ketakutan banyak pihak adalah ketika pendukungnya menjadi tidak puas dan bertindak brutal ketika hasil pertandingan tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Biasanya ketidak puasan itu timbul jika timnya bermain tidak seperti biasanya, atau pertandingan jalannya tidak sportif sehingga permainan dilapangan memprovokasi pendukungnya untuk bertindak brutal, tetapi kadang juga karena tekanan hidup yang membuat pendukungnya bertindak brutal tanpa ada alasan yang masuk akal.

Sepak bola adalah pertandingan yang menghibur, sering di analogikan dengan istilah "peperangan yang beradab". Meski sering sarat dengan kontroversi, sepak bola tetaplah panggung hiburan yang digemari di 203 negara, dimainkan oleh kurang lebih 200 juta pemain diseluruh dunia, dan mampu membuat sebuah negara berkabung (melebihi kesedihan ketika meninggalnya pemimpin negara tersebut) atau bergembira semalam suntuk (melebihi perayaan hari kemerdekaan) dan mampu menarik perhatian milyaran penonton, mempertemukan dua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik (ingat Amerika dan Iran pada pertandingan piala dunia 1998), menyatukan hitam dan putih di Afrika Selatan, Islam dan Kristen di Nigeria dan membuat banyak orang terkantuk-kantuk di kantor karena bergadang menyaksikan pertandingan sepak bola.

Selamat Datang Piala Dunia !

No comments: