Wednesday, May 17, 2006

Menuju Angka 11 buat Inggris atau Spanyol

Partai Final malam ini merupakan partai yang aku tunggu-tunggu, karena kedua tim sepanjang perjalanan dibabak penyisihan memainkan sepak bola secara berani. Secara berani karena mereka bukanlah tim yang mengutamakan sistem bertahan tetapi mengedepankan kredo “menyerang adalah pertahanan terbaik”. Dan satu lagi sepanjang babak penyisihan yang lalu mereka memainkan sepak bola indah dengan menggunakan trik-trik yang minimal (diving, tackling keras,kasar,dll) dan sesungguhnya inilah final impian Piala Champions dan semoga pertandingan nanti malam menjadi panggung pertunjukan seniman sepak bola.

Awalnya bernama Piala Para Juara Klub Eropa atau European Champion Clubs' Cup, yang biasanya disingkat menjadi Piala Eropa (European Cup, beda dari Piala Eropa seperti yang dikenal di Indonesia sekarang ini yang merujuk kepada European Championship), kejuaraan ini dimulai pada 1955/56 dengan menggunakan sistem gugur dua leg di mana tim-tim akan bermain dua pertandingan, satu di tandang dan satu di kandang, dan tim dengan skor rata-rata tertinggi maju ke babak berikutnya. Hanya tim-tim juara liga di negara mereka ditambah dengan pemegang juara saat itu yang diperbolehkan ikut ajang kompetisi ini.

Format dan namanya kemudian diganti pada 1992/93 dan kini kejuaraan ini mempunyai tiga babak kualifikasi, satu babak kompetisi grup (di mana tim-tim bermain dalam bentuk "tandang-kandang" seperti kompetisi reguler), dan kemudian empat babak final dengan sistem gugur. Semua babak kualifikasi dan pertandingan dengan sistem gugur merupakan pertandingan dua leg kecuali pertandingan final, yang merupakan pertandingan tunggal yang diselenggarakan di sebuah tempat yang telah ditentukan.

Real Madrid CF telah menjuarai kompetisi ini sembilan kali. Tim-tim yang paling sukses berikutnya adalah AC Milan (6 kali), Liverpool FC (5 kali), FC Bayern München dan AFC Ajax (4 kali). Untuk Negara Inggris dan Spanyol masing telah menjuarai kompetisi ini sebanyak 10 kali, malam ini merupakan penentuan menjadi Negara pertama yang menjuarai kejuaraan ini yang kesebelas kali. Berikut sisi ini lain pertandingan final kompetisi yang akan dilangsungkan di stadion Stade de France Paris nanti malam :

  • Ini adalah kelima kalinya Paris menjadi tuan rumah final kompetisi klub Eropa, uniknya selalu ada tim Inggris atau Spanyol atau wakil keduanya ditiap final. Partai final yang pernah digelar di Paris yakni tahun 1956,1975,1981 dan 2000.
  • Ini akan menjadi final pertama bagi Arsenal dan kelima bagi Barca (baca Barsa) setelah tahun 1961,1986,1992 dan 1994. Final 1992 satu-satunya yang bisa dimenangkan Barca dengan mengalahkan Sampdoria 1-0.
  • Arsenal dan Barca hanya pernah bertemu dua kali dikompetisi Eropa yakni di Liga Champions musim 1999/2000. Saat itu Arsenal menggunakan Wembley sebagai kandangnya dan kalah 2-4 dibabak group Oktober 1999. Sementara pertemuan away di Barca berakhir imbang 1-1.
  • Arsenal menciptakan rekor baru di Liga Champions tanpa pernah kebobolan dalam 10 pertandingan berturut-turut.
  • Arsenal tidak terkalahkan dalam 13 kali pertandingan terakhir di Liga Champions. Hanya ada 6 tim yang pernah memiliki rekor lebih baik dari Arsenal yaitu Bayern Munich (19 kali), Ajax Amsterdam (19 kali), MU (16 kali), Liverpool (14 kali), Olympique Lyon (14 kali) dan Barca (14 kali). Kekalahan terakhir Arsenal dari Bayern di babak 16 besar Februari 2005.
  • Menghadapi klub Spanyol, Arsenal membukukan rekor 6 kali kalah, 6 kali menang dan 4 kali seri.
  • Terakhir kali gawang Arsenal kemasukan gol pada tgl 27 September 2005 oleh pemain Ajax. Total di Liga Champions gawang Arsenal tidak kebobolan selama 919 menit.
  • Jika Arsenal memenangkan Piala Champions nanti malam, mereka akan bergabung dengan 4 klub lainnya yang pernah menjuarai ketiga kompetisi Elit Eropa (Champions, UEFA dan Winners Cup) yaitu klub Ajax, Bayern Munich, Barca dan Juventus.
  • Barca tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir di Liga Champions. Kekalahan terakhir dialaminya dari Chelsea 2-4 di babak 16 besar di London.
  • Dari 20 kali pertandingan menghadapi klub Inggris di Liga Champions Barca memenangkan 10 kali dan hanya 3 kali kalah.
  • Dari seluruh kompetisi antar klub Eropa baik UEFA, Winners Cup,dll yang diikutinya Barca berhasil masuk final sebanyak 15 kali kalah 1 pertandingan dengan pemegang rekor saat ini Real Madrid.
  • Secara total klub-klub dari negara Inggris maupun Spanyol telah sama-sama menjuarai kejuaraan ini sebanyak 10 kali, terbanyak dibandingkan negara lain. Dan nanti malam angka itu akan pecah menjadi 11 untuk negara yang diwakili, entah Inggris (Arsenal) entah Spanyol (Barcelona).
Apa pun hasilnya nanti malam kalau saja pertandingan berakhir sebagaimana pertandingan-pertandingan yang mereka mainkan pada babak penyisihan, Tim yang kalah akan tetap keluar lapangan dengan kepala tegak karena mereka dikalahkan oleh tim yang terbaik di dunia saat ini.

Catatan !
Tahukan Anda ? Musik yang mengiringi awal setiap siaran televisi kejuaraan ini digubah oleh Tony Britten, berdasarkan lagu gubahan George Frideric Handel yang berjudul Zadok the Priest, dan dibawakan oleh Chorus of the Academy of St. Martin in the Fields dan Royal Philharmonic Orchestra.

No comments: