Saturday, May 20, 2006

100 orang paling berpengaruh di dunia saat ini

Mungkin mereka tidak seterkenal George Bush atau Bill Gates, tetapi apa yang dilakukan Niklas Zennstrom dan Janus Friis menempatkan mereka sebagai tokoh yang berpengaruh sepanjang tahun ini, dengan produk yang mereka ciptakan – skype – membawa kita kepada cara baru berkomunikasi dengan internet. Mereka meredefinisi cara berkomunikasi dengan menggunakan teknologi voice over internet protocol (VOIP), sehingga komunikasi dapat menjadi lebih murah, jarak secara geografis tidak ada lagi dan biaya yang dikeluarkan sangat murah (boleh dibilang gratis), yang dibutuhkan hanya ‘koneksi internet’. Apa yang mereka lakukan untuk mengoperasikan servis yang secara virtual dapat dikatakan gratis, dengan memungut biaya dari mereka yang ingin mendapat servis tambahan dari layanan skype ,diantaranya add on customized ring tone, pengaktifan voice-mail, kartu telpon dll. Visi mereka bukan membuat biaya percakapan menjadi murah melainkan gratis.

Bersama Bush dan Gates, mereka termasuk dalam daftar 100 orang yang berpengaruh sepanjang tahun versi majalan time . Selalu menarik menyaksikan daftar nama-nama mereka yang membuat berita sepanjang tahun, meski sering sekali orang yang masuk daftar tersebut kita tidak kenal sama sekali. Aku selalu menunggu daftar tersebut,menarik karena bisa kenal tokoh-tokoh tersebut lebih dalam dan mengenal karya mereka baik karya positif atau pun karya yang negative.

Sepintas dari daftar itu jumlah tokoh berpengaruh dari Asia kurang lebih berjumlah kurang dari 15 orang, sementara populasi Asia berjumlah 60% dari populasi dunia, seharusnya jumlah tersebut lebih banyak. Mungkin karena kaca mata yang digunakan adalah kacamata barat, makanya lebih banyak orang dari Eropa Utara dan Amerika yang berada didalam daftar itu.

Kalau melihat daftar tersebut nggak semua orang yang masuk daftar tersebut bersinggungan langsung dengan kehidupan aku, ada beberapa yang mungkin mempengaruhi aku, seperti orang skype tadi. Aku yakin membuat daftar 100 orang tersebut tidak mudah dan harus berdebat panjang lebar untuk memasukkan nama-nama kedalam daftar tersebut, karena hanya dibatasi Cuma 100 orang. Tetapi disitulah yang membuat hal itu menjadi menarik, proses pemilihan dan kenapa mereka terpilih.

Kalau disuruh membuat daftar 100 yang berpengaruh secara langsung terhadap aku sepertinya jumlah 100 terlalu banyak (beda dengan tim dari majalah time, 100 terlalu sedikit). Yang jelas yang menduduki daftar utama adalah orang-orang disekitar aku, baik pasangan aku, orang tua, saudara-saudara, teman-teman, teman kantor, cleaning service, tukang rumah, bos aku, dll.

Dari daftar itu sebenarnya kita sadar bahwa, kita membutuhkan orang lain untuk bisa seperti sekarang, sadar atau tidak sadar. Orang itu bisa dari lingkungan kita, bisa pula dari tempat yang sangat jauh dari kita. Apalagi di era tanpa batas saat ini, proses kreasi atau proses penghancuran di belahan dunia lain, atau di kampung halaman kita saling mempengaruhi, karena kita hidup dalam dunia yang tanpa batas, dunia yang kelihatannya datar.

No comments: