Wednesday, May 10, 2006

iman, agama dan bangsa


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga tahun 2002, iman, agama dan bangsa dapat berarti sebagai berikut :

iman
(kata benda) berarti kepercayaan (yang berkenaan dengan agama); keyakinan dan kepercayaan kepada Allah, nabi, kitab,dsb. Dan arti yang kedua adalah ketetapan hati; keteguhan batin; keseimbangan batin.

agama (kata benda) berarti ajaran,sistem yang mengatur tata keimanan(kepercayaan) dan beribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

bangsa (kata benda) berarti kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat,bahasa, sejarahnya serta pemerintahannya. Arti yang lain adalah golongan binatang atau tumbuhan yang mempunyai asal usul dan sifat khas yang sama. Dalam terminologi antropologi dapat berarti kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan kebudayaan dalam arti umum dan menempati wilayah tertentu dimuka bumi.

Secara alamiah terlebih dahulu kita akan menolong keluarga kita, sahabat dan teman kadang tanpa memperdulikan apa iman nya.

Ketika terjadi balabencana yang sifatnya masif dan memilukan, bahkan batas-batas negara pun menjadi hilang. Kita dapat menyaksikannya betapa bantuan ke Aceh dan Nias mengalir dari seluruh penjuru dunia, bahkan dari Israel sekalipun yang notabene tidak memiliki hubungan diplomatik dengan kita.

Sesungguhnya itulah yang membedakan manusia dengan mahluk lainnya, karena memiliki kasih sayang dan mampu menunjukkan kemurahan hatinya pada mahluk lain, terutama mereka yang menderita dan membutuhkan uluran tangan.

4 comments:

Anonymous said...

Your site is on top of my favourites - Great work I like it.
»

Anonymous said...

What a great site, how do you build such a cool site, its excellent.
»

Anonymous said...

Nice colors. Keep up the good work. thnx!
»

Anonymous said...

I'm impressed with your site, very nice graphics!
»