Tuesday, April 25, 2006

Sahabat / teman

Persahabatan/pertemanan merupakan hubungan yang terjalin antara manusia karena adanya rasa saling: menghargai, membutuhkan, mengasihi, mencerahkan, dll yang membuat ikatan persahabatan unik, kadang melebihi ikatan dengan saudara sekandung. Sahabat saling menerima kekurangan satu sama lain, memperlihatkan ikatan yang kuat,kadang menenmpatkan kepentingan sahabat diatas kepentingan dirinya sendiri,memiliki selera yang sama saling melengkapi satu sama lain , kita dapat menceraikan pasangan tetapi kita tidak dapat menceraikan sahabat. Sahabat ada dan tetap ada disaat susah dan sedih, ada sebelum ada istri/suami kita, jauh sebelum ada anak-anak kita dan tetap akan ada.

Dalam tradisi kuno, persahabatan merupakan salah satu wujud ekspresi yang paling menyenangkan dari cinta, mahkota kehidupan. Dunia modern mengabaikannya, kita tahu disamping seorang istri dan keluarga, seorang lelaki membutuhkan beberapa teman, tetapi tidak seperti hubungan “Philia” antar sahabat yang dijelaskan Aristotle. (C.S Lewis)

Persahabatan dikenal juga oleh binatang yang memiliki kecerdasan lebih tetapi dalam bentuk yang sederhana. Hal ini dapat ditemui pada beberapa jenis burung dan binatang mamalia. Tetapi hanya manusia yang mampu menjalankan persahabatan dalam bentuk yang kompleks.

Ada beberapa jenis sahabat atau teman :

  • Sahabat yang mendekat dan mendukung sahabatnya ketika mereka sama-sama senang dan merasa nyaman dikenal dengan “sahabat pemilih suasana”
  • Sahabat yang mana memiliki hubungan intim - baik secara sexual atau pun tidak- tanpa ada ikatan apa-apa dikenal dengan nama “teman tapi mesra”
  • Sahabat yang tetap ada ketika kita kesusahan dan sendirian, atapun ketika kita berada dipuncak prestasi kita dikenal dengan nama “sahabat sejati”

Sahabat yang agung adalah sahabat yang mau menyerahkan nyawanya untuk sahabatnya.

4 comments:

Anonymous said...

Great site lots of usefull infomation here.
»

Anonymous said...

Looks nice! Awesome content. Good job guys.
»

Anonymous said...

Hey what a great site keep up the work its excellent.
»

Anonymous said...

Interesting site. Useful information. Bookmarked.
»