Sunday, April 16, 2006

Mangalua [buat Jaya dan Yanti]



Perkawinan merupakan hubungan pribadi antara dua orang dan merupakan salah satu institusi dasar terpenting dalam masyarakat. Perkawinan merupakan penyatuan dua individu dalam satu ikatan dan komitmen dengan harapan dapat menjalin hubungan yang stabil dan intim yang sifatnya abadi.

Hari ini Jaya Panjaitan dan Yanti Simamora menikah. Mereka kawin lari, istilah Bataknya mangalua. Kalau dulu orang batak tidak memiliki uang untuk dinikahkan dengan acara adat (karena besarnya biaya), mereka melakukan kawin lari. Jenis perkawinan ini biasanya disetujui keluarga mempelai, karena alasan ekonomi dan proses kawin lari tersebut sering merupakan usulan yang ditawarkan pihak keluarga. Ada juga yang melakukan kawin lari karena tidak direstui orang tua menikah dengan pasangannya. Karena mayoritas orang batak adalah penganut agama Kristen biasanya pihak mempelai menginap di rumah pendeta atau kerabat yang diangkat menjadi orang tua.

Kalau sudah kawin lari segala proses yang dilakukan menjadi lebih singkat, biasanya hanya acara pemberkatan di gereja diikuti dengan mencicipi hidangan ala kadarnya. Berbeda dengan pernikahan adat yang proses nya lebih rumit, karena diikuti prosesi pemberian ulos (kain tradisional) dan pemberian kata-kata. Kalau sudah bicara biasanya orang batak susah berhentinya dan ini yang biasanya membuat acara bertele-tele. Teman ku ketika melihat cara orang batak bicara pada acara nikah tadi bilang, orang batak kayaknya nggak ada yang demam panggung yah ? Aku bilang, yang ada orang batak rebutan panggung (karena ingin tampil hehehe). Ketika menjadi pendamping pria teman serumah aku yang kebetulan melakukan acara adat, kami harus bangun jam 4 pagi untuk antri ke salon, dan rangkaian acara berakhir jam 12 malam, hmmmm what a tough day !

Kalau aja pernikahan orang batak bisa lebih sederhana :p

Acara hari ini berjalan dengan baik, meski pada akhir acara ada sedikit protes dari pihak keluarga laki-laki (bukan orang batak kalau nggak berselisih pendapat). Meskipun untuk ukuran acara kawin lari, ini termasuk proses yang lama karena berakhir jam 6 sore. Akhirnya acara pernikahan hari ini kami tutup dengan acara makan malam dengan keluarga dekat di Ocean Cafe, dan semoga mereka menjadi pasangan yang abadi seperti apa yang diharapkan pendeta , dan kami yang menyaksikan prosesi pemberkatan di Gereja.

Ketika melakukan pidato sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian rekan-rekan suaminya, sesudah meninggalnya Christopher Reeve (bintang Superman), Dana Reeve memberikan ungkapan yang sangat indah tentang perasaan kepada suaminya. Dana Reeve mengatakan, hari ini aku harus minta maaf karena pernah mengatakan akan mencintainya sampai maut memisahkan kita, karena hari ini aku harus mengganti kata-kata itu menjadi 'aku akan mencintainya sampai selama-lamanya'. Dana Reeve mendampingi Christopher yang lumpuh total selama 9 tahun karena kecelakaan berkuda. Christopher meninggal bulan Oktober tahun 2004, pada bulan Maret 2006 Dana menyusul suami tercintanya.

Selamat menempuh hidup baru yah dek !!


1 comment:

Anonymous said...

Horas.. numpang lewat...
Selamat menempuh hidup baru..
Sukses selalu dalam cita dan cinta.
Jangan lupa bayar Adat kapan sempat dan siap.. :)