Wednesday, April 26, 2006

Film dan belajar


Film apakah yang terbaik ? Jika itu ditanyakan pada aku tentu jawabku film yang membuat aku berpikir tentang perlunya berbuat baik ketika aku selesai menonton film itu. Tetapi kenapa aku menyukai God Father 2, Taxi Driver, deer hunter,hotel rwanda, Apocalypse now ? Bukankah itu film yang berdarah dan membuat kita merasa bahwa kematian itu tidak ada nilainya, ketika kematian menjadi sesuatu yang biasa dan rasa kasihan tidak ada lagi ?

Satu hal yang jelas film itu menggambarkan sesuatu bahwa manusia itu pada hakekatnya tidak menyukai kekerasan tetapi sering terperangkap dalam kekerasan itu sendiri. Kekerasan hanya sekedar pelarian ketika jiwa-jiwa itu merasa tidak berdaya atas kondisi yang ada. God Father 2 ada kesendirian dalam diri pemerannya kekerasan adalah pilihan yang harus dilakukan untuk menjaga keluarga tetap bersatu dan agar dapat melanjutkan kehidupan sampai ke anak cucu. Taxi Driver, setiap orang ingin menjadi pahlawan meski akhirnya bahasa kekerasan yang digunakan. Ketika politisi mengirim rakyatnya berperang, kelompok yang tadinya hanya menggunakan senapannya untuk berburu rusa akhirnya menggunakan senapannya untuk membunuh orang. Ketika perang usai kekerasan itu terus menghantui dan merusak jiwa-jiwa yang menyaksikannya.

Hotel Rwanda, kekerasan karena kecemburuan akibat ketidakberdayaan suku Hutu terhadap suku Tutsi. Hanya satu bahasa yang dipakai untuk mengangkat martabat mereka, "bunuh orang
Tutsi dan simpatisannya". Apocalypse now ? Seorang desertir akhirnya mencipatkan surganya sendiri ditengah-tengang hutan Vietnam, mencari arti dari kehidupan pribadinya dalam kesendirian dan akhirnya menjadi penyendiri.

Entah apa yang akan terjadi dengan sisi kemanusian kita kedepan, disatu sisi kita mengutuk peperangan dan terorisme, disisi lain kita membiarkan sekitar kita kesusahan dan mati karena kelaparan. Kenapa kita mengutuk teroris dan membenci mereka ketika mereka membunuh ratusan atau ribuan orang tidak bersalah sementara kita pura-pura tidak tahu ketika ratusan ribu orang mati setiap bulan karena penyakit dan kemiskinan ?

Sayang kehidupan ini bukan film, yang bisa dihentikan ketika cerita tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dan sayang kita tidak pernah belajar dari kehidupan tetapi berusaha belajar dari film (seperti yang aku lakukan). Padahal film kurang menggambarkan kejadian sesungguhnya...

3 comments:

Anonymous said...

Nice! Where you get this guestbook? I want the same script.. Awesome content. thankyou.
»

Anonymous said...

Greets to the webmaster of this wonderful site. Keep working. Thank you.
»

Anonymous said...

What can I say? Hmmm you are the best honey..I LOVE U...