Saturday, October 15, 2011

Fakta Menarik Tentang Tibet



1.Seperti apa bendera nasional Tibet?
Gambar gunung dengan salju dan matahari dipuncak gunung mengeluarkan sinar merah dan biru. Pada gunung ada dua singa salingberhadapan. Bendera ini dilarang dipasang di Tibet.

2.Ada banyak organisasi di seluruh dunia bekerja mewujudkan Kebebasan Tibet.Salah satunya adalah SFT. Apa kepanjangan SFT?
Student for Free Tibet  (Pelajar untuk Kemerdekaan Tibet). SFT berdiri pda Agustus 1994 untuk menyuarakan aspirasi rakyat Tibet. Mereka mengakui status historis dan hukum dari Tibet sebagai negara merdeka
dan mendukung hak rakyat Tibet untuk menentukan masa depan mereka sendiri. SFT mendidik kampus dan masyarakat tentang situasi di Tibet dan memobilisasi orang untuk mengambil tindakan membantu rakyat Tibet dalam perjuangan mereka untuk Kemerdakaan.
Akibat ingin merdeka Dalai Lama, anggota pemerintah dan
sekitar 80.000 orang Tibet harus mengunsi ke India, Nepal, dan Bhutan. Di India Dalai Lama melanjutkan perjuangan dengan mendirikan kembali
pemerintah Tibet .

3.Apakah pemerintah Tibet di India diakui dunia? (Ya atau tidak)
Tidak. Pemerintah ini tidak diakui oleh bangsa di dunia tetapi dianggap sebagai perwakilan yang sah rakyat Tibet di dalam dan luar Tibet. Basisnya berada di Dharamsala, bagian utara India kota di kaki bukit Himalaya, pemerintah Tibet, di bawah kepemimpinan Dalai Lama, secara efektif telah mengembangkan gerakan non-kekerasan melawan pendudukan Cina terhadap Tibet.

4.Tanggal berapa dianggap sebagai hari pembebasan Tibet?
10 Maret 1959. Gerakan ini diprakarsai oleh pemimpin Tibet. Tetapi Cina mampu dengan cepat membasmi pemberontakan. Tetapi semangat rakyat Tibet untuk kebebasan dari tirani dan  ketidakadilan tetap berkobar sejak saat itu sampai sekarang.

5.Siapa pemimpin politik dan agama Tibet di pengasingan?
Dalai Lama ke 14.  Dalai Lama ke-14 tinggal di pengasingan di Dharamsala, India.  Yang Mulia adalah seorang pencinta damai. Pada tahun 1989 ia dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian atas perjuangan tanpa kekerasan untuk kemerdekaan Tibet. Ia secara konsisten menganjurkan kebijakan-kebijakan non-kekerasan, bahkan dalam menghadapi agresi ekstrim Cina.
Dia juga menjadi Pemenang Nobel pertama yang diakui untuk perhatiannya terhadap masalah Global lingkungan.

6.Pada bulan Oktober 1950, Negara mana yang  menginvasi Tibet?
Cina. Titik balik dari sejarah Tibet datang pada bulan Oktober, awal tahun 1950 ketika Tentara Pembebasan Republik Rakyat Cina pertama kali menyeberang ke Tibet. Setelah mengalahkan pasukan kecil Tibet
dan menduduki separuh negara, pemerintah Cina memaksakan memberlakukan apa yang disebut Perjanjian '17-Point untuk
Pembebasan Damai 'Tibet pada pemerintah Tibet Mei 1951.

7.Apakah nama yang bukan merupakan sungai utama Tibet?
Khabab. Tibet adalah daerah asal aliran sungai utama di Asia dan sumber air sungai utama. Sebagian besar arus sungai yang mengalir di Tibet stabil karena berasal dari air tanah dan sumber glasial es . ini berbeda dengan aliran sungai di sebagian besar negara-negara tetangga, yang bergantung pada musim hujan.

8.Apa nama jajaran pegunungan di Tibet, asal Puncak Everest?
Himalaya. Pada tahun 1999, para ilmuwan mengumumkanhasil pengukuran tinggi yang presisi dari Gunung Everest - tujuh meter lebih tinggi dari catatan resmi saat ini. Sebuah tim pendaki gunung menentukan elevasi pada
29.035 kaki setelah mendaki ke puncak dan menggunakan peralatan GPS mutakhir.

9.Berapa rata-rata ketinggian di Tibet?
14.000 kaki. Seluas ukuran Eropa Barat, Tibet terdiri dari dataran tinggi yang luas pada ketinggian rata-rata 14.000 kaki. Ini merupakan salah satu lingkungan paling sensitif dan unik di Bumi.

10.Tibet terletak  di benua apa?
Asia. Tibet terletak di pusat Asia, dengan luas 2,5 juta kilometer persegi.Berbatasan dengan India, Nepal, Bhutan, Burma, dan Cina.

11.Tibet menggunakan penanggalan apa?
Lunar (bulan). Kalender bulan Tibet didasarkan pada siklus 60 tahun, masing-masing bulan bernama salah satu
dari 12 hewan dan satu dari lima unsur: udara, air, api, bumi, dan ruang. Dihitung setiap tahun oleh astrolog dari Mentsikhng di Lhasa, 1 tahun biasanya terdiri dari 12 bulan, dengan satu tahun tambahan yang kadang
kadang-kadang ditambahkan. Hari pertama pada  bulan pertama adalah festival Losar, Tahun Baru Tibet.

12.Hewan apa adat telah dipelihara oleh masyarakat Tibet selama
ribuan tahun?
Yak. Yak (pria) atau dri (perempuan), hewan ini mampu membawa beban 50 kilo lebih dari 5000 meter dan sanggup bertahan pada  suhu dari -30 C. Mereka digunakan untuk membajak dan dimakan dagingnya. Menghasilkan susu, diolah menjadi mentega dan keju, serta kulit dan bulunya lembut untuk dijadikan wol sweater yang lembut dan  wol kasar untuk tenda tempat tinggal .

13.Komposisi alam apa yang membentuk perbatasan utara Tibet dengan Xinjing?
Pegunungan Kunlun. Pegunungan Kunlun tersebar sejauh 2000 kilometer dari Pamir di barat sampai ke pegunungan Bayankala dan Amnye Machen di sebelah timur.  Disanalah terletak Padang pasir dataran rendah Asia Tengah

14.Pegunungan Himalaya membentuk perbatasan di selatan Tibet. Apa nama gunung tertinggi sana?
Jomolangma (Qomolongma).  Yang lebih dikenal dunia dengan nama Mt. Everest, tinggi Jomolangma 8848 meter di atas permukaan laut , merupakan daratan tertinggi di dunia.

15.Pada tahun berapa Cina Merah menduduki Tibet?
1951. Sebuah pemberontakan yang gagal secara kejam dibasmi oleh Tentara Pembebasan Rakyat Cina pada tahun 1959 yang menyebabkan mengungsinya sekitar 100.000 warga Tibet ke India, Nepal, dan Bhutan. Dalai Lama, pemimpin Rakyat Tibet, mengasingkan diri ke India sejak 1959.

16.Dataran ketinggian rata-rata dataran Tibet?
5000 m. Daerah yang beragam ini berpotongan dengan rentang lateral dan jurang sungai yang dalam.

17.Apa agama yang mayoritas di Tibet?
Buddhisme Mahayana. Buddha sendiri lahir di Nepal pada abad kelima SM dengan nama Gautama, yaitu seorang pangeran dari India. Biasanya Dia digambarkan duduk, berdiri, atau berbaring. Gambar Buddha
tradisional tidak dianggap sebagai hidup atau ilahi, tetapi sebagai ekspresi ide yang akan divisualisasikan selama  meditasi. Buddhisme. Ini dimulai di India, sebelum Yesus lahir. Sementara agama mistik yang sebelumnya mayoritas adalah Bon. Buddhisme pada awalnya tidak tumbuh dengan cepat. Berkembang semakin luas ketika bangsa Mongolia mulai menganut Budha dan melakukan penyebaran melalui penaklukan bangsa-bangsa lain.

18.Istana Potala di Lhasa dibangun di gunung apa?
Marpori. "Marpori" diterjemahkan sebagai "Gunung Merah". Istana terdiri dari 13 tingkat dan memiliki 1.000 kamar dan memiliki
200.000 gambar Budha.

19.Ibukota Tibet, Lhasa, di tepi sungai apa?
Kyi-chu. Di Lhasa lembah sungai Kyi-chu terpampang lebar.

20.Secara fisik, masyarakat Tibet menyerupai suku asli Amerika. Hal lain
apa yang juga serupa?
Tarian. Kedua bangsa ini memiliki gerakan tarian yang sangat ekspresif. Biasanya dilakukan dalam sebuah lingkaran besar, tarian ini menceritakan kisah-kisah atau ungkapan emosi.  Bahasa mereka tidak mirip demikian pula agama. Mereka juga memiliki kebiasaan pernikahan yang berbeda.

21.Saat menyambut tamu, Tibet menghormati tamu dengan menempatkan kain dekoratif di leher tamunya.  Apa nama upacara syal ini?
Kata. Sebuah kain syal kata berwarna putih atau kuning. Sering dihiasi dengan simbol-simbol atau doa Tibet, tetapi juga dapat berupa kain polos. Mereka sering memberikan ini dalam penyambutan, tetapi juga untuk menghormati orang yang menghibur mereka.
22.Hewan apa yang dimiliki sebagian besar rakyat Tibet?
Yak. Mereka memelihara banyak ternak tetapi Yak yang paling banyak?
Mereka mendapatkan sebagian besar kebutuhan mereka yaitu : susu, daging dan mentega dari yak.

23.Salah satu makanan yang paling umum adalah tsampa. Makanan ini dicampur dengan minum sehari-hari mereka.  Apa nama minuman yang dicampur ini?
Teh Mentega. Teh mentega disajikan panas. Dicampur dalam jelai untuk membuat pasta. Anda dapat menambahkan gula dan kacang, meskipun jarang. Ini adalah makanan pokok dan paling sering disantap saat sarapan.

24.Apa metode yang paling umum dalam pemakaman mereka?
Pemakaman Langit (Sky Burial). Dikenal sebagai salah satu metode pemakaman yang paling sadis. Dalam pemakaman langit, mayat diletakkan diatas di puncak gunung. Kemudia burung-burung pemakan bangkai datang dan berpesta memakan habis daging mayat tersebut. Menurut kepercayaan mereka, dengan cara ini siklus kehidupan terus berjalan.

25.Siapa pemimpin agama di Tibet?
Dahli (Dalai) Lama. Dia diasingkan pada tahun 1959 dan tinggal di India.

26.Bangsa Tibet menulis dengan huruf apa?
India. Agama mereka berbasis ajaran Hindu, dari India. Selama bertahun-tahun, kaum terdidik hanyalah para biarawan.

Sumber http://www.funtrivia.com/en/Geography/Tibet-15031.html

1 comment:

globepin.blogspot said...

keren penjelasannya om, gue juga mau comot beberapa fact tg tibet yah, silahkan berkunjung ke trit gue ttg perjalanan tibet - everest gue www.globepin.blogspot.com