Wednesday, March 30, 2011

Hari ke – 4, ” Dari BT 95-12’-59.03”/LU 05-54’-21.99 menuju BT 141-1’-10”/LS 8-25’-45” *, Akhir sebuah Perjalanan ”



* Batas Wilayah RI yang tertulis di Km 0 Kota Sabang dan Perbatasan RI-PNG di Desa Sota Merauke


Jam setengah delapan kami sudah melapor ke Bandara meski keberangkatan jam 10 nanti. Hal ini untuk menghindari kejadian pergantian penumpang oleh oknum petugas maskapi mengingat hari-hari menjelang Natal dan Tahun Baru seperti ini lonjakan penumpang sangat tinggi. Ini terbukti ketika penerbangan ku yang seharusnya menggunakan pesawat MZ 791 diganti menggunakan MZ 872 yang untung nya lebih dahulu berangkat. Sesudah urusan check in beres Bang Ronnie dan aku berpisah karena dia harus kembali ke kantor untuk menyelesaikan administrasi terkait pensiunnya.


Kurang lebih jam sembilan, pesawat Merpati yang akan membawaku ke Jayapura mendarat. Di lambung pesawat terdapat tulisan ”I IZAKOD BEKAI, IZAKOD KAI”, berasal dari bahasa Marind yang artinya Satu Hati, Satu Tujuan , tulisan ini merupakan slogan kota Merauke. Hampir semua pesawat Merpati yang mendarat di Merauke di lambungnya tertulis slogan tersebut.


Perbandingan Tiket

Ada hal yang menarik terkait perjalanan menuju tempat-tempat terpencil di Nusantara, dimana Merauke salah satunya. Secara harga sama bahkan lebih murah dan jauh lebih nyaman berkunjung ke luar negeri dibandingkan ke ujung Nusantara.

Sumber www.garudaholidays.com :

• 3D2N HONGKONG , start from USD 385

• 3D2N SAIGON, start from USD 361

• 5D3N MELBOURNE, start from USD 745

• 4D3N PERTHm start from USD 566

Rate are inclusive :

• Air ticket return economy class from Jakarta

• Accomodation

• Travel Insurance

Sumber pengalaman pribadi (1 USD = Rp 9.500):

• Ticket Makassar – Nabire, start from USD 568

• Ticket Biak – Nabire, start from USD 252 ( 45 mnt flight with twin otter)

• Ticket Jayapura – Nabire , start from USD 547 (1.45 hours flight)

• Ticket Balikpapan – Merauke, start from USD 652

Rate are inclusive :

• Air ticket return without accommodation


Perhatikan, ongkos pesawat (tidak termasuk hotel) dari Balikpapan ke Merauke masih lebih mahal dibandingkan perjalanan Jakarta Perth(termasuk hotel selama 3 malam). Ini yang membuat pelancong domestik lebih memilih berwisata ke Singapore, Australia atau pun Hongkong ketimbang ke Sabang, Lembah Baliem atau pun Pulau Banda di Maluku.


Tetapi buat rekan yang menikmati perjalanan budaya, wisata yang masih alami serta mau sedikit susah, membayar mahal dan mengurangi kenyamanan dengan mengunjungi pelosok Nusantara, sebanding dengan pengalaman yang didapatkan.


Penutup

Tepat pukul 09.30, penumpang MZ 872 dipanggil ke pesawat menuju Jayapura. Transit di Jayapura pukul 11.00 Witim, sekitar 11.30 setelah janjian sebelumnya ditelepon aku akhirnya bertemu dengan teman yang telah 21 tahun tidak bertemu, Abdul Raji serta teman yang kemarin mengantarkan aku ke Bandara, Abdul Jalil. Pesawat lepas landas meninggalkan Jayapura menuju Biak pada pukul 15.30. Dalam pesawat menuju Biak terlintas perjalanan berikutnya, hmmm Koh Samui, Lhasa atau Umbria?

[Selesai]

No comments: