Friday, October 20, 2006

Gangguan Jantung

Tadi pagi bapak operasi jantung by pass di RS Harapan Kita, dari jam 7.30 WIB sampai sekitar jam 15.00 WIB, kabar malam tadi kondisi bapak sudah stabil, mudah-mudahan tidak ada gangguan lainnya pasca operasi. Semoga semuanya lancer-lancar saja dan bapak cepat sembuh. Buat dr. M. Yusack dan rekan-rekannya, terima kasih atas bantuannya. You are playing God, doc ! Semoga lebih banyak lagi yang bisa dokter-dokter sembuhkan.


Jantung (bahasa Latin, cor) adalah sebuah rongga, rongga, organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ yang berperan dalam sistem peredaran darah

Sakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia selain kanker tentunya. (http://www.heart-disease-bypass-surgery.com/data/footnotes/f5.htm dan http://news.bbc.co.uk/1/hi/health/1015657.stm) Sakit jantung merupakan ketidaknormalan struktur atau fungsi jantung, atau tidak berfungsinya pembuluh darah yang menyuplai jantung. Sakit jantung, terjadi pada kondisi tidak normal yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah di jantung.

Tipe-tipe penyakit jantung

1. Penyakit jantung Coronary artery disease (CAD) atau dikenal juga dengan Coronary heart disease (CHD) adalah yang paling sering terjadi dan penyebab utama gangguan jantung. Para penderita CAD memiliki arteri yang mengeras dan sempit. Darah yang dipompa kejantung menjadi terganggu, sehingga jantung tidak memperoleh jumlah darah yang seharusnya.

CAD dapat mengakibatkan : Penyakit jantung Angina. Angina adalah nyeri dada yang diakibatkan jantung tidak memperoleh cukup darah. Rasanya seperti sakit karena tertekan atau terjepit, seringnya terasa di dada, tetapi kadang sakitnya terasa di pundak, lengan, leher, rahang atau belakang. Angina dapat juga nyeri pada perut. Angina bukan merupakan serangan jantung, tetapi memiliki angina berarti anda punya masalah dengan jantung anda.

2. Penyakit jantung – serangan jantung, terjadi ketika pembuluh artery beberapa saat atau total tersumbat, dan jantung tidak memperoleh darah yang dibutuhkan selama lebih dari 20 menit.

3. Penyakit jantung – gagal jantung, ketika jantung tidak mampu memompa darah keseluruh tubuh seperti seharusnya. Sehingga organ tubuh yang lain tidak memperoleh asupan darah yang seharusnya. Hal ini tidak berarti jantung berhenti berfungsi. Ciri-cirinya : napas pendek-pendek (anda serasa tidak memperoleh cukup udara), keringat di kaki, engkel dan paha, serta luar biasa lelah.

4. Penyakit jantung – jantung arrhythmias, penyakit jantung yang mengakibatkan perubahan detak jantung. Kebanyakan orang merasa pusing,pingsan atau sesekali nyeri di dada. Perubahan detak jantung ini buat kebanyakan orang tidak berbahaya. Ketika usia bertambah, anda kemungkinan akan mengalaminya, jangan panic kalo terjadi serangan arrhytmias.

Cara mencegah Penyakit Jantung ?

Menurunkan resiko terkena penyakit jantung biasanya dilakukan dengan cara seperti berikut :

  • Tahu tekanan darah anda pada kondisi normal
  • Berhenti merokok
  • Melakukan pemerikasaan diabetes
  • Lakukan pemerikasaan kolesterol dan triglyceride
  • Jaga berat tubuh ideal
  • Periksa apakah anda memiliki hypertensi
  • Melakukan olah raga teratur

No comments: