Thursday, October 26, 2006

CEO

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer (Pejabat Eksekutif Tertinggi). Kata ini berasal dari bahasa Inggris dan dipakai di seluruh dunia sebagai standar. CEO adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan tersebut.

Baru-baru ini majalah SWA dalam edisi terbarunya menampilkan CEO terbaik di Indonesia untuk tahun 2006, saya yakin hasil nya bisa saja masih mengandung unsur subjektifitas karena keterbatasan majalah SWA. Satu hal yang pasti berdasarkan data yang ada, mereka yang termasuk dalam daftar tersebut adalah orang hebat dan sangat profesional dibidangnya. Serta yang terpenting mampu membawa perusahaannya lebih baik dari tahun sebelumnya. Menarik untuk kita simak, berikut kutipannya !


Kelemahan CEO yang paling banyak dijumpai (versi Steve Sudjatmiko, Direktur Pengelola Red Piramide Change Management) :

  1. Memiliki ego yang tinggi, mereka lebih sering mendahulukan kepentingan pribadi daripada orang lain atau perusahaan.
  2. Kurang mampu mengabsorbsi hal baru yang tidak dia hadapi sehari-hari.
  3. Kurang mampu mendorong pelaksanaan strategi dengan baik.
  4. Terpengaruh suasana perusahaan dan bukannya mempengaruhi suasana perusahaan.
  5. Mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang mirip atau kurang bervariasi sehingga input yang diterima juga kurang kreatif.
  6. Tidak memiliki pengertian yang mendalam tentang proses kerja yang efisien.
  7. Tidak mempersiapkan kemampuan organisasi secara terencana untuk menghadapi masa depan.
(Swa 18 Oktober – 1November 2006 halaman 75)


CEO 2006 terbaik versi majalah SWA :

Michael D. Ruslim (CEO Astra Int.)
Pendapatnya tentang CEO yang baik :

  • Saya sangat terbuka ke semua level karyawan,bagi saya untuk mencapai tujuan bersama, harus ada komunikasi dua arah.
  • Seorang pemimpin bisa dikatakan sukses jika ia mampu menggerakkan dan memotivasi karyawan, serta bisa memerankan sebagai fungsi katalisator.

Pendapat rekan kerja tentang Michael :

  • “Pak Michael mampu menimbulkan rasa bangga karyawan untuk menjadi bagian dari perusahaan,sehingga ambisi perusahaan untuk menjadi lebih hebat dari sekarang tidak sulit ditanamkan,” Tira Ardianti (Staf Investor Relation AI)
  • “Dia melakukan inovasi secara konsisten,” Rudy Chen (Head of Corporate Planning)


Jos Luhukay (ex CEO Bank Lippo)
Pendapatnya tentang CEO yang baik :

  • Tidak ada bawahan yang buruk, yang ada adalah atasan yang kurang baik. Artinya ultimate responsibility dari sebuah hasil yang buruk ada pada diri CEO.
  • Memotivasi karyawan dalam budaya kerja Indonesia lebih baik dimulai dari menjawab kebutuhan mereka akan karir,imbalan, dan lingkungan kerja yang kondusif. Hal itu jauh lebih ampuh ketimbang benchmarking ke perusahaan lain sebagai pembanding.
  • Memberi iming-iming dan menakut-nakuti karyawan adalah cara-cara sekolah dasar yang sepantasanya tidak digunakan dilingkungan orang dewasa, palagi dilingkungan professional sebuah perusahaan.

Pendapat rekan kerja tentang Jos :

  • “Ia pernah dengan tangan terbuka mengeluarkan dana pribadi untuk membantu pengobatan istri karyawan yang mendapat kecelakaan dan lumpuh tetapi tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan dan kantor,”kata Tumpal Tobing (Kepada Departemen Usage & Retention Bank Lippo), “Ia mau susah memikirkan kesulitan karyawan.”
  • “Jos mau-mau saja diminta datang dan membantu presentasi buat orang daerah. Dia itu down to earth,” Johana S. Soeharto (Kepala Bisnis Regional Jawa Tengah)

No comments: