Friday, June 16, 2006

Pemain ke 12


Pendukung Taegeuk Warrior* mungkin yang paling luar biasa sepanjang sejarah piala dunia, baik di Jerman (2006) mau pun Piala dunia di Korea/Jepang (2002) yang lalu. Kita bisa saksikan dari gambar yang dirilis di media, jutaan orang memerahkan lapangan di Seoul untuk menyaksikan pertandingan secara berasama, semua berwarna merah dan semua menyaksikan pertandingan dengan tertib tanpa ada yang dirusakkan meski tim nya kalah sekalipun. Luar biasa !

Inggris ketika menang, kotanya dihancurkan oleh pendukungnya, tidak dengan Korea. Sungguh ajaib menyaksikan begitu banyak orang tumpah ruah kejalan tetapi semuanya tertib dan teratur. Hal yang mungkin sulit terwujud di Indonesia, padahal kita bisa menyaksikan pada tahun 80-an demonstran Mahasiswa asal Korea termasuk yang paling spartan dan keras ketika berkumpul dan menyampaikan ide. Tetapi ketika mendukung tim nasional bertanding semuanya terlihat merah dan kompak.

Dilapangan pun demikian, para penonton menjadi pemain ke 12 sepanjang pertandingan. Gendang di tabuh bertalu-talu, lagu dinyanyikan hampir sepanjang pertandingan dan pemain bermain seperti tidak kelihatan lelah,penonton pun terhibur menyaksikan semuanya. Sepak bola bukan sekedar menang kalah, bukan sekedar hasil akhir, tapi yang paling memukau adalah semangat bertanding yang ditampilkan, dukungan penonton yang sportif dan luar biasa seperti strategi pelatih yang jeli, tiga komponen yang tidak bs dipisah. Sepak bola tanpa pemain adalah kemustahilan, tanpa pendukung bagaikan tanpa roh, dan tanpa pelatih seperti bermain tidak menggunakan otak.

Seorang pecandu sejati tidak akan mengingat hasil akhir, tetapi akan mengingat proses menuju hasil tersebut. Ketika kita menyaksikan ketiga komponen diatas saling dukung mendukung, memperlihatkan daya juang yang tidak mudah menyerah,itulah hiburan yang membuat sepak bola menjadi seperti candu, sungguh indah untuk disaksikan walau hanya dari layar kaca.


*) taegeuk istilah dari olah raga beladiri Korea, sementara prajurit taegeuk merupakan istilah yang diberikan kepada tim sepak bola korea.

No comments: