Wednesday, March 04, 2009

And The Oscar Goes to (cmiiw) The Curious Case of Benjamin Button !


[Catatan ini dibuat sebelum pengumuman Oscar, meski Slumdog Millionere akhirnya meraih Oscar, buat aku film ini lebih complex dan lebih indah]


Mungkin karena script film ini dibuat oleh Eric Roth sehingga film yang berasal dari cerita pendek F. Scott Fitzgerald menjadi film yang enak ditonton. Eric sebelumnya telah menulis scrip film-film bagus seperti : Munich, Ali, Forest Gump, sehingga tidak heran The Curious Case of Benjamin Button (TCCoBB) pun enak untuk ditonton.


Awalnya seperti menyaksikan ulang film English Patient, pesakitan yang terbaring dengan didampingi seorang wanita dengan alur cerita flashback. Cerita diawali dengan pembuat jam yang kehilangan anaknya dalam peperangan yang dengan perasaan sedih membuat jam yang diletakkan distasiun kereta api. Pada saat itu kereta api adalah transportasi utama, yang menarik dari jam itu, arah putarnya berlawanan arah dengan jam sebenarnya, kemudian cerita berlanjut dengan kelahiran seorang bayi , yang dibuang oleh ayahnya karena memiliki penampilan fisik seperti orang berusia 80 tahun.


Dalam kehidupan nyata kita kadang (tidak sering) bertemu orang yang meski berusia muda tetapi memiliki pemikiran dan kematangan emosi seperti orang dewasa. Tetapi kita lebih sering ketemu dengan orang berusia tua tetapi memiliki pemikiran dan kematangan emosi seperti anak-anak. Cerita TCCoBB, berkisah tentang kehidupan Benjamin yang berjalan dengan waktu yang terbalik. Pada saat orang normal secara fisik dan emosi menjadi lebih tua seiring bertambahnya usia, Benjamin mengalami kejadian yang sebaliknya. Terlahir dengan penampilan fisik seperti orang berusia 80 tahun,masa remaja dengan penampilan fisik seperti orang dengan usia 60 an tahun, mengalami indahnya kehidupan rumah tangga seperti orang berusia 40 tahun dan meninggal dengan tubuh bayi dalam pangkuan wanita yang pernah mencintainya yang telah berusia 80 tahun. Pertanyaannya, apa yang akan kamu lakukan apabila kamu bertemu dan jatuh cinta dengan orang yang memiliki kelaianan seperti ini ? Seiring dengan waktu kamu bertambah tua, sementara orang yang kamu cintai bertambah muda…


Film ini adalah film epic romance Benjamin Button yang berisi kesedihan. Sedih karena meski bertemu dengan orang yang dikasihi pada saat yang tepat, tetapi dengan kesadaran akan kondisi yang tidak memungkin sehingga mereka memutuskan berpisah demi masa depan anak yang mereka sayangi. Salah satu bagian yang menyedihkan ketika Benjamin memutuskan meninggalkan Alice dan anak mereka disuatu malam, meski Ben sangat mencintai keluarganya. Ketika Ben berkemas, Alice terbangun, mereka saling bertatapan. Ada kesedihan dalam tatapan itu, Ben lalu melangkah keluar kamar dan Alice hanya bisa menatap tanpa berkata-kata sepatah katapun.


Mengasyikkan menyaksikan film ini ! Akting yang bagus dari hampir semua pemainnya (Cate, Brad, Tilda, Taraji P. Henson,dll),pengambilan gambar yang bagus, cerita yang tidak biasa dengan alur yang menarik sehingga durasi 160 menit tidak terasa lama, special efek yang luar biasa sehingga Brad Pitt bisa terlihat tua dengan tubuh kecil diawal cerita dan menjelang akhir Brad Pitt tampil dengan wajah remaja, sulit untuk mengatakan TCCoBB tidak mendapat Oscar untuk Film Terbaik tahun ini. Saingannya mungkin Slumdog (dengan setting cerita yang lebih real), tetapi secara keseluruhan aku lebih memilih TCCoBB sebagai film terbaik…


Ketika menyaksikan Film ini, sepertinya benar perkataan Alexkolokotronis dari Queens, New York, “….Sebaiknya kita mensyukuri apa yang kita punya ketimbang berandai-andai…”


Benjamin Button:

It's a funny thing about comin' home. Looks the same, smells the same, feels the same. You'll realize what's changed is you.


Benjamin Button: [Voice over; letter to his daughter]

For what it's worth: it's never too late or, in my case, too early to be whoever you want to be. There's no time limit, stop whenever you want. You can change or stay the same, there are no rules to this thing. We can make the best or the worst of it. I hope you make the best of it. And I hope you see things that startle you. I hope you feel things you never felt before. I hope you meet people with a different point of view. I hope you live a life you're proud of. If you find that you're not, I hope you have the strength to start all over again.


Benjamin Button:

Some people, were born to sit by a river. Some get struck by lightning. Some have an ear for music. Some are artists. Some swim. Some know buttons. Some know Shakespeare. Some are mothers. And some people, dance.


No comments: