Friday, October 12, 2007

Journey of Man


Closing speech dari presenter NGC membuat aku terduduk dan termenung. Ia mengatakan : "who ever we are, under our skin we are afrikan !" Saat itu juga aku berpikir aku harus menulis ini. Kata yang sarat mana, proses pembuatan dokumenter "Journey of Man" seharusnya membuat kita semakin sadar, bahwa semua manusia adalah bersaudara dan berasal dari satu nenek moyang dari benua yang bernama AFRIKA.

Sekali lagi National Geographic membuka wawasan ku. Film yang mencerahkan, yang membuat aku sadar bahwa kita harus saling memperdulikan karena sesuatu hal positif yang kita buat, dapat membuat kualitas hidup di bumi semakin baik, dan kesalahan kecil yang kita lakukan bersama-sama dapat melenyapkan kekayaan alam, budaya yang telah diwariskan ribuan tahun oleh nenek moyang kita.

Kesimpulan aku, betapa kecilnya aku ini, betapa hebatnya nenek moyang kita dahulu. Sekiranya kita menghargai apa yang telah mereka lakukan, kita saat ini pasti berpikir ribuan kali utk saling membinasakan, merusak alam, menghancurkan bumi.

Perjalanan nenek moyang kita 50.000 tahun yang lalu diawali dari benua Afrika, ke Asia Selatan, Asia Tenggara, Indonesia dan berakhir di Australia. Yang jarakna 10.000 an Km dari daerah asal dengan berjalan kaki !!!


http://news.nationalgeographic.com/news/2002/12/photogalleries/journey_of_man/

No comments: