Sunday, February 08, 2015

Whiplash

Sudah menonton film ini? Kalau belum, sempatkanlah. Tidak banyak cerita film yang menarik ditonton sejak menit pertama, biasanya 10-15 menit kita baru tahu film tersebut menarik atau tidak. Dan ending film ini pun rasanya seperti badan yang dilempar keatas dan tidak turun kembali, berhenti pada puncaknya.

Buat penggemar Jazz beneran mungkin komposisi musik di film ini hanya mediocre tapi buat aku yang sulit menghafal nada jazz yang rumit dan 'tidak teratur itu' musik dalam film ini ok banget. Tentu dengan plot cerita utama sesungguhnya"abuse of power", bahasa yang digunakan sebagian orang untuk mewujudkan ambisi mereka. Ditambah bumbu cerita legenda  Charlie "Yardbird" Parker.

Akting J.K. Simmon sangat baik, sampai ikut tegang menunggu kemarahan berikutnya akan seperti apa. Menunggu dia meledak lebih menegangkan ketimbang menonton film perang kebanyakan, kandidat kuat peraih Oscar. Dan akting Milles Teller sebagai pemeran utama pun keren menurutku. Dia memainkan sendiri drumnya pada saat latihan,  benar-benar sampai melepuh dan berdarah. Penampilan final solo drumnya keren banget.

Pasti kalian perhatikan bagaimana tampilan film yang close up ke alat-alat musik, seperti potongan foto yang disambung-sambung. Apabila kalian penggemar foto, anggaplah sebuah bonus yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

Usia bisa bertambah, pekerjaan bisa berubah-ubah, baju bisa berganti, tetapi passion tetap sama. Dan saat itu menjadi obsesi tidak akan ada yang bisa menghentikan.

Sangat menghibur menurutku, dan membuatku ingin mendengar Orkestra Wynston Marsalis sesudah menonton film ini. 

No comments: