Monday, March 12, 2012

Cerita 3 Des 2011 "Menghargai Orang Tua"*



Pulang Gereja, sambil menunggu jemputan di halte angkutan kota, aku berkenalan Om Abram dari Sangiher Talaud yang ke gereja seorang diri.. Dia bercerita, anaknya bekerja diperusahaan minyak asing di Pulau Natuna, sementara mantunya pemilik Katering di Balikpapan (katering besar karena aku sering lihat mensupply untuk acara besar).. Yang membuat aku tertegun (lebih tepatnya miris), si Om yang berpakaian sederhana usianya sekitar 70 an tahun ke Gereja sendiri, ketika pulang hanya dijemput pakai mobil box catering yang butut..

Om cerita mantu perempuannya seorang Minang, dalam hati aku menduga, kemungkinan anak lelakinya sudah berbeda keyakinan sehingga tidak bersama2 ke Gereja tetapi lebih memilih latihan bela diri di hari Minggu, sementara si Om baru berkunjung satu minggu di Balikpapan.

Wajah Om itu penuh keakraban, bercahaya penuh kebahagiaan.. Dia masih ingin mengobrol dengan aku, tetapi karena tidak enak mobil jemputan sudah menunggu akhirnya dia bergegas menuju mobil, kami pun berbincang kurang dari 10 menit.

Aku hanya berpikir, tidak seharusnya memberlakukan orang tua seperti itu, dijemput dengan kendaraan Catering yang mungkin baru mengantar pesanan. Kalau pun anak atau mantu atau cucu nya lagi sibuk dihari Minggu ini sehingga si Om harus dijemput supir, aku yakin masih ada mobil mereka yang lebih bagus dari pada sekedar mobil box butut. Semoga dugaan aku ini semuanya salah !
*sebuah interlude sebelum melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo

No comments: